Materi IPA Bagian-Bagian Luar Mata Dan Fungsinya

ads
Sdindablog - Bagian-Bagian Luar Mata dan Fungsinya. Tahukah kamu seperti apa bentuk mata itu? Cobalah melihat mata teman sebangkumu! Mata berbentuk seperti bola sehingga disebut bola mata. Bola mata terletak di dalam lekuk mata yang dibatasi oleh tulang dahi dan tulang pipi. Mata merupakan salah satu organ yang penting, sehingga harus dilindungi oleh tulang.


Bagian Luar Mata
Bagian luar mata terdiri atas alis mata, kelopak mata, kelenjar air mata, dan bulu mata. Alat-alat ini berfungsi untuk melindungi mata dari pengaruh luar.

a) Alis Mata
Alis mata merupakan kumpulan rambut kasar yang terletak di atas mata. Alis mata berguna untuk mencegah keringat dan kotoran dari dahi agar tidak masuk ke dalam mata.

b) Kelopak Mata
Kelopak mata terdiri atas kelopak atas dan kelopak bawah. Kelopak mata berguna untuk menutup bola mata. Bagaimanakah keadaan mata saat kamu tertidur? Tentu saja orang yang sedang tidur, kelopak matanya dalam keadaan tertutup. Pada waktu tidur, mata beristirahat sehingga kelopak mata pun menutup. Apabila terkena cahaya yang silau atau ada benda asing yang akan masuk, kelopak mata akan segera menutup untuk melindungi mata. Mata kita juga sering berkedip tanpa kita sadari. Berkedip merupakan kegiatan menutup dan membuka kelopak mata. Gerakan kelopak mata ini juga bertujuan untuk membersihkan kornea.

c) Kalenjar Air Mata
Kamu pasti pernah menangis, tahukah kamu dari manakah asal air mata tersebut? Air mata yang muncul saat kita menangis dihasilkan oleh kalenjar air mata. Air mata mempunyai banyak fungsi. Air mata berguna untuk
membasahi kornea mata agar tidak kering, melindungi mata dari kuman, menjaga mata dan bagian dalam kelopak mata agar tetap sehat dan lembut.

d) Bulu Mata
Bulu mata merupakan rambut yang terletak di kelopak mata. Bulu mata dapat diumpamakan sebagai tirai (kisi-kisi). Tahukah kamu fungsi dari bulu mata? Bulu mata berguna untuk melindungi mata dari benda asing, misalnya debu atau kotoran agar tidak masuk ke dalam mata. Bulu mata juga berguna untuk mengurangi cahaya yang terlalu terang yang akan masuk ke mata.
ads

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Materi IPA Bagian-Bagian Luar Mata Dan Fungsinya"

Post a Comment