Materi IPA Mata Bagian Dalam Dan Fungsinya

ads
Materi IPA Mata Bagian Dalam Dan FungsinyaMateri IPA Mata Bagian Dalam Dan Fungsinya. Apabila tadi kita telah membahas bagian luar mata, maka sekarang kita akan berkenalan dengan bagian dalam mata. Gambar tersebut berisi tentang bagian dalam mata. Bagian dalam mata terdiri atas kornea, iris, pupil, lensa mata, retina, otot mata, dan saraf mata. Yuk, kita bahas satu persatu!


a) Kornea (Selaput Bening)
Kornea sangat penting bagi ketajaman penglihatan kita. Tahukah kamu apa guna kornea? Kornea berfungsi melindungi lensa mata, meneruskan cahaya yang masuk ke mata. Cahaya diteruskan ke bagian mata yang lebih dalam dan berakhir pada retina. Kornea mempunyai sifat tidak berwarna (bening) dan tidak mempunyai pembuluh darah. Orang yang sudah lanjut usia, korneanya berubah menjadi keruh. Kornea mata yang rusak dapat diganti dengan cara melakukan cangkok mata. Orang yang menyumbangkan kornea matanya disebut donor mata. Donor mata dapat menyembuhkan seseorang dari kebutaan.

b) Iris (Selaput Pelangi)
Selaput pelangi adalah selembar otot yang terletak di belakang kornea. Selaput pelangi merupakan jaringan yang kaya dengan pembuluh darah. Warna iris ada yang biru, hitam, atau cokelat. Iris berguna untuk menggerakkan pupil ketika banyaknya cahaya yang mengalir masuk ke dalam mata. Lingkaran pupil terbentuk oleh iris. Coba kamu lihat iris mata tema sebangkumu? Apa yang kamu lihat? Selaput pelangi orang Indonesia pada umumnya berwarna cokelat kehitaman. Iris bekerja sama dengan pupil.

c) Pupil (Anak Mata)
Pernahkah kamu melihat mata kucing di waktu malam hari? Atau pernahkah kamu memerhatikan mata kucing ketika cahaya dalam keadaan sangat terang? Jika cahaya yang masuk sedikit, pupil melebar. Jika cahaya yang datang terlalu banyak, pupil mengecil. Pupil adalah celah (lubang) bundar yang ada di tengah-tengah iris. Mengecilnya pupil dimaksudkan agar cahaya tidak terlalu banyak masuk ke mata. Dalam cahaya redup atau gelap, otot-otot iris menjadi relaks sehingga pupil melebar. Melebarnya pupil membuat cahaya yang masuk ke mata menjadi banyak. Pupil mempunyai fungsi yang sama dengan diafragma pada alat potret (kamera).

d) Lensa Mata
Lensa mata berbentuk seperti lensa cembung dan tembus pandang. Apakah fungsi lensa mata itu? Lensa mata mempunyai fungsi memfokuskan dan meneruskan cahaya yang masuk ke mata agar jatuh tepat pada retina atau selaput jala. Lensa mata juga berfungsi sebagai pengumpul cahaya. Lensa mata mempunyai kemampuan untuk mencembung dan memipih dalam upaya memfokuskan jatuhnya cahaya. Kemampuan lensa mata untuk mengubah kecembungannya disebut daya akomodasi. Saat melihat benda dekat, mata berakomodasi dengan kuat. Akibatnya mata menjadi lebih cembung dan bayangan dapat jatuh tepat di retina. Sedangkan pada saat mengamati benda yang jauh, mata kita tidak berakomodasi sehingga lensa mata berbentuk pipih. Orang yang sudah lanjut usia (di atas 50 tahun), daya akomodasi lensa matanya mulai menurun sehingga menjadi sulit untuk melihat dengan jelas.

e) Retina (Selaput Jala)
Selaput jala merupakan selaput yang terletak paling belakang, bersifat peka terhadap rangsang cahaya. Selaput jala menerima cahaya yang diteruskan oleh bagian-bagian mata di depannya. Pada selaput jala terdapat ujung-ujung saraf penerima. Pada retina ada bagian yang disebut bintik kuning dan di bawah bintik kuning terdapat bintik buta. Jika cahaya jatuh pada bintik buta, maka kita tidak dapat melihat sesuatu. Retina mempunyai saraf yang berhubungan dengan saraf pusat penglihat yang berfungsi untuk mengatur kerja mata dan menyampaikan gambar yang kita lihat ke otak.

f) Otot Mata
Mintalah kepada temanmu untuk melirik ke kiri dan ke kanan. Perhatikan apa yang terjadi pada bola matanya. Benar, bola mata tersebut bergerak ke kiri dan ke kanan. Tahukah kamu apa yang menggerakkan bola mata tersebut? Bagian yang menggerakkan bola mata adalah otot mata. Otot ini berfungsi untuk mengatur gerakan bola mata. Gerakan ini menyebabkan mata dapat bergerak ke kanan, ke kiri, ke atas, ke bawah, melirik ataupun melotot.

g) Saraf Mata
Tahukah kamu apa guna saraf mata? Saraf mata berguna sebagai penghubung antara sel saraf dalam retina dengan otak sebagai saraf pusat. Otak kemudian menyusun isyarat-isyarat yang dikirim tersebut, sehingga hasilnya kita dapat melihat.

Sumber : BSE
ads

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Materi IPA Mata Bagian Dalam Dan Fungsinya"

Post a Comment