Kegunaan Matahari Bagi Kehidupan

ads
Kegunaan Matahari Bagi Kehidupan | Asslamu'alaikum selamat datang diblog sdindablog.blogspot.com website guruku. Kali ini saya akan berbagi mengenai manfaat atau kegunaan Matahari bagi kehidupan baik itu dari cahaya-nya atau pula dari panas-nya.

Subhanalloh, itulah ucapakan ketika kita melihat dan merasakan matahari sebagai ciptaan Alloh SWT, yang Maha Pencipta. Jika di SD materi kegunaan matahari ini dipelajari di kelas 2 pada pelajaran IPA semester 2 genap. Pada materi tersebut di jelaskan mengenai kegunaan panas dan cahaya matahari bagi kehidupan yang ada di alam semesta. Diantaranya untuk menerangi dan menghangatkan alam semesta baik itu manusia, hewan dan tumbuhan. Nah kalian tahu tidak kegunaan cahaya matahari bagi tumbuhan ? kemudian kegunaan panas bagi manusia, dan hewan ? tentunya pasti tahu lah ya !. 

manfaat cahaya dan panas matahari bagi kehidupan di alam semesta

Nah dibawah ini adalah tambahan pengetahuan bagi adik adik yang duduk dibangku SD mengenai kegunaan matahari bagi kehidupan.
  1. Cahaya Matahari digunakan sebagai pendaur ulang air laut
    • Prinsip matahari bisa menguapkan air laut dijadikan sebagai cara untuk menjadikan air laut yang asin menjadi air tawar yang layak untuk diminum. Alatnya disebut alat destilasi yaitu sebuah alat untuk menampung air laut kemudian dipanaskan dan uap nya ditampung menjadi air tawar yang layak untuk diminum.
  2. Penggerak Pesawat Satelit Artifisial
    • merupakan pesawat yang berputar mengelilingi bumi karena menggunakan energi matahari. Panas dan cahaya matahari di tangkap dengan alat yang disebut Panel Surya.
  3. Memasak dengan kompor matahari
    • Mungkin adik adik pernah lihat memasak menggunakan kompor matahari yang berbentuk seperti parabola yang terdiri atas cermin cekung yang dapat menangkap dan mengumpulkan panas matahari. Panas matahari tersebut selanjutnya dipantulkan ke panci yang berisi air atau makanan.
  4. Cahaya matahari bisa digunakan untuk berperang.
    • Pada tahun 214 Masehi. Archimedes melawan bangsa Romawi dengan cermin ketika akan menyerang kota merebut kota Syracuse di pulau Sicily. Bangsa Romawi mengikat kapal kapal perangnya di pingginggir pantai, kemudian Archimedes meletekan sederetan cermin logam di tepi pantai kemudian pantulan sinar panasa matahari tadi dipancarkan ke kapal kapal Romawi akhirnya kapal kapal tersebut terbakar dan hancur.
Nah itulah beberapa tambahan mengenai kegunaan matahari bagi kehidupan, tentunya masih banyak kegunaan matahari yang lain bagi kehidupan dan alam semesta ini, dan tidak mungkin di tulis di blog ini semuanya. Oleh karena itu adik adik rajin membaca ya , buku buku yang ada diperpustakaan supaya ilmu pengetahuannya bisa bertambah. credit gambar: www.dakwatuna.com


ads

Subscribe to receive free email updates: