Materi IPA Kelas 4 Rangka Kepala Semester 1

ads
Assalamu'alaikum, Halo teman teman SDINDA apa kabar ? senang masih bisa bertemu ya. Kali ini Kakak akan melanjutkan merangkum materi pelajaran IPA kelas IV ( empat ) SD pada Judul Pembahasan Rangka dan Alat Inda Manusia yaitu Rangka Kepala atau Tengkorak.

Pada tulisan sebelumnya sudah kakak rangkum mengenai Rangka Manusia dan salah sub bahasannya adalah rangka kepala. Rangka Kepala merupakan bagian dari rangka manusia yang tersusun dari 22 tulang. Adapun 22 tulang dibedakan menjadi 2 bagian yaitu 21 bagian melekat erat menjadi tempurung kepala yang kokoh dan yang 1 bagian menempel pada bagian bawah dan disebut dengan tulang rahang bawah.

Secara keseluruhan rangka kepala dibagi menjadi 2 bagian besar, yaitu rangka kepala bagian belakang ( menjadi tempurung ) dan rangka kepala bagian muka atau depan ( membentuk wajah ). Untuk lebih jelasnya mari kita lihat gambar rangka kepala dibawah ini.

materi ipa kelas iv rangka kepala manusia pada struktur tubuh manusia


Rangka bagian belakang terdiri dari 8 ( delapan ) tulang yang pipih yang berhubungan dan tampak seperti helm. silahkan lihat pada gambar ke 8 tulang tersebut. sedangkan fungsi dari rangka kepala bagian belakang adalah melindungi otak dan indra pendengaran.

Selanjutnya adalah rangka kepala bagian depan atau muka, tersusun dari tulang pembentuk wajah, yaitu tulang air mata, tulang langit langit, tulang rahang atas, tulang rahang bawah yang fungsinya adalah membentuk wajah dan membentuk rongga hidung dan mata.

nah itulah ringkasan dari materi pelajaran ipa kelas iv pada sub bab rangka kepala, untuk selanjutnya pada postingan berikutnya kakak akan membahas mengenai rangka badan. Oleh karena itu jangan kemana mana masih di sdindablog.blogspot.com.
ads

Subscribe to receive free email updates: